PASCAL

Apa yang anda pikirkan pertama kali tentang bahasa pemograman pascal???.Bahas Pemograman Pascal merupakan bahasa pemograman dasar yang umumnya dipelajari awal karena memang bahasa pemograman ini mudah dipahami oleh manusia , perintah-perintah yang ada sudah sangat akrab dengan bahasa yang sering kita gunakan. Bahasa Pemograman Pascal banyak digunakan dalam tes Olimpiade Sains Nasional Informatika selain C++ . Banyak  sekali literatur yang bisa kalian gunakan untuk belajar Pascal. Dalam ini akan saya bahas secara bertahap mulai dari awal. .Sebelum langsung ke praktek,temen-temen harus mengetahui mengenai tipe variabel konstanta , Variabel n Konstanta ,atau bisa buka artikel di sini...
Langsung aja ke tutorialnya:
  • Input-Output (Read & Write)
Read/Readln merupakan perintah yang digunakan untuk membaca dari apa yang akan kita beritahukan kepada komputer dan akan disimpan sampai ada data baru yang menggantinya . Perbedaan antara Read dan Readln  adalah ada-ln yang artinya line ,yaitu setelah membaca langsung ke line di bawahnya.

  Write/Writeln merupakan perintah yang digunakan untuk menulis ke layar  dari data yang telah kita masukkan atau yang telah dioperasikan .

     Contoh:
Var
val1,val2,op:integer;

     begin
     Write('Masukkan Nilai Pertama:') ;
     Read(val1);
    Write('Masukkan Nilai Kedua:');
    Read(Val2);
    op:=val1+val2;
    write('hasil tambah val1 dan val2 adalah:',op);
   end.

Output dari Code diatas Adalah

Masukkan Nilai Pertama:
.........................................(masukkan input)
Masukkan Nilai Kedua:
........................................(masukkan input)
hasil tambah val1 dan val2 adalah:........(output dari mesin)

Silahkan untuk memberi saran atau bertanya??





0 komentar:

Posting Komentar

 
EduShare © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top