Soal Gelombang ,Taraf Intensitas, dan Cahaya


1. Sebuah gelombang berjalan memenuhi persamaan  di bawah dengan x dan y dalam cm,dan t dalam sekon. Tentukan arah rambat,amplitudo,frekuensi,panjang gelombang dan cepat rambat gelombang.













2. Seutas kawat yg panjangnya 100cm direntangkan horisontal. salah satu ujungnya digetarkan harmonik naik-turun dengan frekuensi 1/8 Hz dan amplitudo 16 cm,sedang ujung lainya terikat. Getaran harmonik tersebut merambat ke kanan sepanjang dengan cepat rambat 4,5 cm/s. Tentukan letak simpul dan perut ke-3 dari titik asal getar.
3. Sebuah seruling yang memiliki kolom udara terbuka pada kedua ujungnya memiliki nada atas kedua dengan frekuensi 1700Hz . Jika kecepatan suara di udara adalah 340 m/s,tentukanlah panjang seruling.
4. Ketika berdiri di depan rumah ,seorang anak mendengar fekuensi 550 Hz dari sirine mobil polisi yang mendekatinya .Setelah mobl polisi melewatinya,frekuensi yang terdengar menjadi 480Hz.Berapakah kelajuan mobil polisi?Kecepatan bunyi di udara 340m/s
5. Berapakah intensitas dari kebisingan 70 dB yang disebabkan oleh lewatnya sebuah truk?
6. Sinar monokromatis panjang gelombang 5000 A,dilewatkan pada dua buah celah sempit yang berjarak 0,01mm,pada layar tampak jarak garis terang ke-2 terhadap terang pusat 20cm, berapakah jarak celah ke layar ?
7. Jika intensitas cahaya sumber 50 watt/m2 ,berapakah besar fluks cahayanya?
8. Dua buah lampu mobil berjarak 1,22m memancarkan cahaya monokromatis koheren 5000A. Jika diameter pupil mata 0,1cm,kedua lampu tampak menjadi hanya satu lampu. Berapakah jarak minimal mobil terhadap mata pengamat?
9. Suatu cahaya tak terpolarisasi mengenai polaroid pertama dangan intensitas image. Tentukan Intensitas cahaya yang diteruskan oleh polaroid pertama dan kedua (nyatakan dalam image ). Jika sudut antara kedua sumbu polarisasi dari kedua sumbu polarisasi dari kedua polaroid adalah 30 derajad.
10.  Jelaskan 3 manfaat gelombang ultrasonik!!


0 komentar:

Posting Komentar

 
EduShare © 2013. All Rights Reserved. Powered by Blogger
Top